Contoh Kasus Pelanggaran Etika
Bisnis dalam Profesi
IKLAN
PRODUK MAKANAN MIE INSTAN YANG MELANGGAR ETIKA NORMATIF DALAM BERIKLAN
Dalam suatu kegiatan bisnis, strategi pemasaran yang
paling sering digunakan yaitu periklanan. Periklanan merupakan salah satu cara
yang paling efektif dalam memasarkan suatu produk yaitu untuk menarik konsumen
dan meningkatkan penjualan. Periklanan yang dilakukan biasanya melalui media
cetak seperti koran dan majalah ataupun media elektronik seperti radio dan
televisi. Pada contoh kasus kali ini membahas tentang kasus yang terkait dengan
pelanggaran dalam etika bisnis. Dalam masalah ini saya menggunakan contoh suatu
iklan yang melanggar asas Etika Normatif, dimana etika normatif adalah sikap
dan perilaku manusia atau masyarakat sesuai dengan norma dan moralitas yang
ideal. Etika ini secara umum dinilai memenuhi tuntutan dan perkembangan
dinamika serta kondisi masyarakat. Adanya tuntutan yang menjadi acuan bagi
masyarakat umum atau semua pihak dalam menjalankan kehidupannya. Berikut contoh
produk makanan mie instan yang melanggar etika normatif dalam beriklan.
Pada
iklan diatas dianggap melanggar etika karena :
1. Dalam tayangan
iklan yang berdurasi 30 detik ini tampak satu adegan yaitu seorang lelaki
berpakaian seperti guru di dalam kelas dengan seekor ayam bertengger di atas
kepalanya. Meskipun hanyalah hasil rekayasa animasi, namun iklan Mie Instan ini
merupakan bentuk penghinaan dan pelecehan terhadap profesi guru.
2. Iklan ini juga
memperlihatkan kelas sekolah seperti kandang ayam dengan ayam-ayam yang sedang
berterbangan kesana kemari. Tentu saja iklan Mie Instan ini sangat merendahkan
pendidikan di Indonesia yang diibaratkan seperti kandang ayam.
Dalam kasus ini KPI
selaku pihak yang berwenang memberi teguran kepada stasiun televisi untuk
memperbaiki iklan tersebut sebagai reaksi atas tayangan iklan Mie Instan yang
melecehkan profesi guru.

Silakan Kunjungi Artikel tajenonline.com
BalasHapusLogin S128
Ayam Saigon
Dan dapat Hubungi Kontak Whatsapp Kami +62-8122-222-995